Minggu, 03 Februari 2013

Kotoran Jiwa

Tiga Kotoran Jiwa
(Tri Mala dan Tri Mala Paksa)

Dalam ajaran Hindu, Tiga Kotoran jiwa itu disebut Tri Mala. Tri Mala berarti Tiga Kotoran yang melekat pada jiwa manusia akibat pengaruh buruk dari nafsu yang tak terkendalikan. Tri Mala ini sangat menghambat dan bertentangan dengan etiket pergaulan hidup bermasyarakat. ...Apabila seseorang tidak waspada, Tri mala itu bisa menghancurkan hidupnya.

Tri Mala terdiri dari :
Mithia Hrdaya yang artinya selalu berperasaan dan berpikiran buruk, buruk sangka kepada orang lain.
Mithia Wacana yang artinya berkata sombong, angkuh, tidak menepati janji (suka ingkar janji).
Mithia Laksana yang berarti berbuat tidak sopan, kurang ajar, hinga merugikan orang lain.

Di samping tiga golongan musuh yang telah diuraikan di atas, masih ada juga tiga musuh yang menghambat perkembangan manusia dalam berjuang melaksanakan Tri Kaya Parisudha (berpikir, berkata, dan berbuat yang jujur dan baik). Ketiga musuh itu dikenal dengan nama Tri Mala Paksa.

Tri Mala Paksa meliputi :
Kasmala yaitu perbuatan yang hina dan kotor.
Mada yaitu perkataan, pembicaraan yang dusta dan kotor.
Moha yaitu pikiran perasaan yang curang dan angkuh.
Itulah tiga jenis musuh yang menggerogoti pikiran, perkataan dan perbuatan manusia, di mana apabila manusia lengah, lemah dan tidak waspada maka kehidupan manusia itu akan hancur kelembah duka dan kesengsaraan.
Sepuluh Kotoran Bathin
(DASA MALA)

Dasa Mala merupakan penghambat jalan menujur hidup bahagia dan sejahtera lahir dan bathin bagi setiap orang. Dasa Mala adalah semacam penyakit gangguan kelainan jiwa, cacat mental, cacat karakter, cacat watak, cacat perangai, dan banyak lagi istilah lainnya.

... Penyakit jiwa ini adalah suatu penyakit yang telah ada bibitnya pada diri seorang anak yang baru lahir. Tergantung daripada lingkungannya kini, apakah bibit itu akan tumbuh dengan subur atau akan tumbuh secara merana dan akhirnya akan lenyap sama sekali. Jadi yang menentukan nasib penyakit itu adalah pembawaan, lingkungan dan pendidikan.

Dasa Mala itu terdiri dari :

1. Tandri adalah sejenis penyakit jiwa yang terdapat pada seseorang, yang selalu beralasan dirinya sakit, yang disebut Empat L (lemah, lemes, letih dan lesu). Ini biasanya dicari-cari untuk menghindari kegiatan sosial, misalnya.

2. Kleda, yaitu orang yang selalu menyesali dirinya, lekas putus asa apabila tidak tercapai apa yang dikehendakinya. Orang demikian sangat lemah semangatnya, pesimistis, tidak ulet dalam usahanya atau perjuangan hidupnya.

3. Leja, artinya orang yang bersifat tamak (loba) sombong, congkak, angkuh (premada).

4. Kuhaka, yaitu orang yang suka mengeluarkan kata-kata kasar, suka menyombongkan atau memuji diri sendiri, menghendaki istri orang lain, jahat hatinya.

5. Metraya, orang yang suka dan pandai bersilat lidah, berolok-olok dengan daya upaya untuk dapat mempengaruhi kawan atau orang lain untuk kepentingan jahat.

6. Megata, adalah orang yang mempunyai sifat rendah, plintat plintut, munafik, lain dimulut lain dihati.

7. Regastri, yaitu orang yang sangat kelekatan cinta asmara terhadap sembarang wanita (play boy), mata keranjang.

8. Kutila, artinya orang yang suka menipu, bersikap plintat-plintut.

9. Bhaksabhuwana, adalah orang yang suka menyakiti atau menyiksa sesama hidup, senang melihat orang lain menderita. Sangat bertentangan dengan ajaran ahimsa atau "Amrih Sukaning Len". Orang ini suka makan dan minum, angkuh serta angkara (egoistis).

10. Kimburu, yaitu orang yang bersifat dengki, iri hati, ingin mendapatkan harta kekayaan orang Sadhu (berbudi baik). Dengan berbagai-bagai cara manipulasi, berkomplot, diusahakan agar hak milik orang lain jatuh ketangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar