Kamis, 10 Januari 2013

RAHASIA ORANG SUCI



RAHASIA ORANG SUCI

 

Yang lebih penting adalah bagaimana pengetahuan kita akan ajaran, telah kita pahami dengan benar untuk kemudian dijadikan kemudi dalam mengarungi samudra 'Samsara'. Inilah inti dari ajaran para Orang Suci pendahulu kita. Setiap petunjuk yang beliau berikan membutuhkan suatu perenungan hingga kedalaman tertentu. Yang jelas dibutuhkan sekurang-kurangnya sedikit waktu untung menenangkan batin kita terlebih dahulu (heneng-bhs.Bali) sebelum dapat memandangnya dengan jernih, netral dan tanpa pretensi.

 

Sebagai ilustrasi dan penutup dari tulisan singkat ini, saya sunting bait yang amat populer dari Dharma-Sunya, karya dari Danghyang Nirartha sebagai berikut3:


"Ketika batin telah hening, ia semakin halus dan cemerlang,
kemudian menyusuplah ke alam sunya, alam maha sempurna yang tak terlukiskan,
pikiran bagai melingkupi dan menyusupi seluruh semesta dan tiada terbatas,
demikianlah batin Sang Wiku ketika telah lebur di alam Samadhi".


2 komentar:

  1. Rahayu Guru Mangku, dumogi apa yg tlah di rencanakan oleh Beliau mendapat Pahala Kebajikan bagi sentana dan keturunannya kelak, namaste...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Ariex..terima kasih doanya...semoga bagi yang membaca dapat memetik hikmahnya....bagaimanapun juga dengan cara apapun juga menolaknya...pada akhirnya kita tetap harus berjalan dijalan Tuhan...dumogi Ida Sesuhunan asung kerta wara nugraha semeton sareng sami bumi lan sedaging ipun selamat rahayu..

      Hapus